Merries For Moms

5 Makanan Ini Wajib Diicip Si Kecil Sebelum Usia 12 Bulan

0 11
5 Makanan Ini Wajib Diicip Si Kecil Sebelum Usia 12 Bulan

Moms, asupan makanan si Kecil harus selalu dipantau untuk menunjang pertumbuhannya dan menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Ketika usianya menginjak 9-12 bulan, Moms dapat mempersiapkan beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi dengan baik oleh si Kecil. Supaya si Kecil tidak bosan, Moms perlu mengombinasikan makanan-makanan tersebut tanpa mengabaikan takaran gizi dan nutrisinya. Menurut Parents.com, ada lima jenis makanan sehat yang wajib dikonsumsi si Kecil saat usianya akan menginjak 12 bulan, seperti yang disebutkan di bawah ini.

Bayam

Annabel, penulis Superfoods for Babies and Children, mengatakan bahwa bayam mengandung kalsium yang amat tinggi. Kalsium dipercaya mampu membuat tulang si Kecil lebih kuat. Selain itu, sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin C hingga beta karoten yang tinggi. Tekstur bayam yang lembut pun dapat memudahkan si Kecil dalam mengonsumsinya dan diolah menjadi beragam santapan.

Stroberi

Buah yang memiliki rasa asam-manis ini kaya akan kandungan vitamin C yang dibutuhkan untuk tubuh si Kecil, terutama untuk kulit, tulang, serta giginya. Kemudian, vitamin C dalam stroberi juga meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil yang belum sempurna. Moms dapat menyajikan stroberi dalam santapan yang beragam, mulai dari jus hingga kue selama teksturnya tidak menyulitkan si Kecil untuk mengunyah.

Daging

Bukan hanya sayur dan buah, si Kecil juga membutuhkan gizi dan nutrisi dari daging. Beberapa jenis daging seperti daging ayam dan sapi mempunyai kandungan zat besi yang mampu membantu tubuh si Kecil dalam meningkatkan metabolisme hingga membentuk jaringan baru untuk ototnya. Moms dapat membuat bakso bertekstur lembut dalam bentuk yang bisa dikunyah si Kecil.

Tomat

Tomat kaya akan kandungan likopen, yaitu sejenis senyawa fitokimia yang berperan penting sebagai antioksidan. Kemudian, tomat juga memiliki kandungan serat, kalium, protein, serta asam folat yang berguna untuk pertumbuhan si Kecil. Moms dapat membuat jus tomat dengan tambahan susu atau gula sebagai perasa atau memasukannya ke dalam hidangan sehari-hari.

Brokoli

Moms, ternyata saat memasak 100 gram brokoli, terdapat 88 miligram kalsium serta 56 mikogram asam folat yang dapat menunjang pertumbuhan si Kecil. Karena tekstur brokoli yang keras, Moms pun harus melunakkannya terlebih dahulu. Sebagian anak pun kurang menyukai brokoli, tetapi dapat Moms atasi dengan memasaknya bersama bahan-bahan lain.

artikel terkait

komentar